sideCategory1

Apr 14, 2012

Tutorial 1: Pengantar CITYgreen untuk ArcView



UHANGKAYO - CITYgreen (CG) merupakan sebuah aplikasi yang dapat menilai manfaat ekonomi sistem alami. Tool ini merupakan sebuah ekstensi dari ArcMap dan ArcView. Untuk dapat melakukan analisis dengan CG, haruslah terbentuk tiga theme pada ArcView. Tiga theme tersebut adalah 1) study site, 2) layer canopy, 3) layer noncanopy.

Study site hanya berisi informasi hasil digitasi tentang batas cakupan analisis, sedangkan layer canopy hanya memuat informasi tentang pohon-pohon yang berada di dalam study site. Layer noncanopy memuat informasi semua elemen dalam area studi selain pohon, seperti bangunan dan elemen perkerasan lainya, padang rumput, semak-belukar, lahan kosong, badan air, AC, dan berbagai tipe penutupan lahan lainnya.

Untuk menjalankan perangkat ini dibutuhkan citra satelit atau foto udara sebagai acuan/dasar dalam melakukan digitasi tiga layer diatas. Citra satelit bisa didapat dari hasil capture citra yang terdapat di Google Earth, namun sebelum dapat digunakan citra ini haruslah di registrasi terebih dahulu. Registrasi merupakan sesuatu yang sangat penting dan menuntut ketelitian yang tinggi, karena ketelitian analisis CG ini bergantung pada citra satelit yang ada. Jika registrasi peta salah atau tidak teliti, besar kemungkinan hasil analisis juga memberikan nilai dengan bias yang besar.

Membuat Theme Study Site, Canopy, dan NonCanopy

Pada dasarnya masing-masing theme ini dibuat dengan cara yang sama yaitu digitasi, namun perlakuan yang kita berikan kepada tiga theme haruslah berbeda. Bagi orang-orang yang pernah berkenalan dengan ArcView tentu tidak sulit untuk membuat theme maupun digitasi on screen pada ArcView. Berikut sekilas tutorial digitasi di ArcView yang sempat ditanyakan oleh rekan-rekan.

1. Buka citra satelit lokasi penelitian di ArcView.
Citra Satelit QuickBird dari Google Earth
2. Buat theme baru dari menu View >> New Theme >> Polygon pada Feature Type, klik OK dan simpan dengan nama Study Site. Kemudian digitasi wilayah penelitian (study site) sesuai dengan batas wilayah yang telah di tetapkan. Lakukan hal yang sama untuk Theme Canopy, dan Theme NonCanopy.
Theme Study Site CITYgreen.
Theme NonCanopy CITYgreen.
Theme Canopy CITYgreen.
3. Setelah digitasi batas wilayah selesai. Buka Theme Table, pada menu Edit, pilih Add Field untuk mendefinisikan lokasi penelitian. Isi sesuai dengan lokasi penelitian.

4. Sedangkan perlakuan untuk theme Canopy dan NonCanopy sedikit berbeda. Kedua theme ini perlu perlakuan dari menu CG, agar analisis dapat dijalankan.


5. Pada menu CITYgreen, pilih Add/Update Data sehingga muncul jendela baru. Pilih/isi sesuai dengan kondisi tapak yang sesuai (i.e Canopy atau NonCanopy). Jika telah selesai dan berhasil, maka polygon pada theme Canopy akan berubah warna menjadi hijau, dan merah pada theme NonCanopy seperti gambar diatas.

6. Pilih Stop Editing pada menu Table. Klik Yes untuk menyimpan hasil digitasi Study Site.

7. Selesai.

1 comments:

bisakah CITYgreennya dishare uda?

Post a Comment