sideCategory1

Mar 3, 2013

Menggambar Polygon di Google Earth


UHANGKAYO.webs.com - Google telah lama berkiprah dalam menampilkan citra satelit melalui perangkat lunaknya bernama Google Earth (GE). Beberapa wilayah perkotaan telah menampilkan citra satelit dengan resolusi yang tinggi Quik Bird bahkan GeoEye.

GE juga telah banyak digunakan tidak hanya kalangan profesional yang bergerak di bidang pemetaan namun juga oleh dunia ilmiah untuk menemani dalam berbagai penelitian mereka. Salah satu keunggulan dari Google Earth adalah mampu menampilkan nilai koordinat, sehingga sangat memudahkan bagi penggunanya untuk lebih memahami lokasi wilayah mereka atau Area of Interest (AOI). Namun, misalkan data (citra satelit) yang ditampilkan oleh GE masih beresolusi rendah, maka (perusahaan) Anda dapat memesan kepada pihak penyedia citra satelit resolusi tinggi yang sesuai dengan minat wilayah Anda (AOI).

Referensi koordinat yang terdapat di GE ini juga dapat mempermudah para pengguna untuk menggambarkan batasan AOI dari citra yang akan dipesan. Berikut adalah langkah-langkah membuat polygon pada AOI di software Google Earth:

1) Buka software Google Earth Anda, pada contoh ini kita akan menggambar polygon untuk Bandara Soekarno-Hatta sebagai AOI.

2) Klik ikon "Add Polygon" atau bisa juga di akses dari menu "Add" > "Polygon" atau dengan menggunakan kombinasi Ctrl+Shift+G pada keyboard.


3) Pada jendela "Google Earth - New Polygon", ketik nama AOI Anda pada kolom "name:". Pada contoh ini, nama AOI adalah "Bandara Soekarno-Hatta".

4) Masih dalam keadaan jendela "Google Earth - New Polygon" yang aktif. Arahkan kursos mouse pada batas AOI terluar, kemudian klik pada masing-masing titik/sudut AOI. GE akan otomatis menutup AOI anda yang Anda klik tadi. Klik tombol "Delete" pada keyboard untuk menghapus titik yang salah.

5) Jika AOI telah tertutup dengan sempurna oleh polygon yang Anda buat, maka klik tombol Oke.

6) Akan muncul nama polygon yang anda buat pada kolom "Places". Simpan file polygon ini dalam ekstensi *.kmz atau *.kml, caranya klik kanan pada layer "Bandara Soekarno-Hatta" > "Save Place As..."

7) Selesai.

Secara teknis, dengan berhasilnya anda menyimpan file kedalam bentuk *.kmz atau *.kml, pekerjaan anda telah selesai. Anda dapat mendistribusikan file ini kepada jasa penyedia citra satelit resolusi tinggi untuk membeli citra yang anda Inginkan, atau anda juga dapat menyewa jasa download citra Satelit Google Earth. Namun, jika Anda berencana untuk mengolah sendiri hasil digitasi dari GE ini, silakan baca artikel Konversi File KML ke SHP.


Mengedit Polygon

Anda juga dapat mengedit polygon yang Anda buat, atau untuk melihat informasi tentang luas polygon tersebut, caranya:

- Klik kanan pada layer "Bandara Soekarno-Hatta" > "Properties".

- Klik pada menu "Style, Color", untuk merubah warna dan tingkat transparan polygon.

- Menu "Measurements", menampilkan informasi tentang keliling beserta luas polygon dalam berbagai satuan.

0 comments:

Post a Comment