sideCategory1

May 12, 2013

Overlay Image Pada Google Earth


UHANGKAYO.webs.com - Suatu hari saya harus melakukan presentasi untuk suatu rencana kegiatan. Presentasi ini menuntut untuk menjelaskan secara detil lokasi kegiatan serta rencana yang akan dilakukan. Sedikit kesulitan untuk menyampaikan ide-ide jika harus menggunakan  powerpoint dan atau gambar dalam 2 Dimensi, namun dengan bantuan Google Earth (GE) dapat mempermudah dalam menjelaskan kondisi eksisting maupun rencana tapak. Dan tentu saja presentasi anda akan lebih berbeda, selain dapat memperindah presentasi Anda, dengan cara ini dapat juga membantu untuk memahami karakter dari lahan tersebut melalui (rencana) peta tematik.

Overlay GE pada artikel ini dilakukan pada Kebun Raya Cibodas (KRC), Cipanas. Hal yang terpenting adalah mempersiapkan bahan terutama peta lokasi yang akan di overlay.

1. Buka GE, search pada lokasi anda.



2. Klik pada "Add Image Overlay" atau ikon sehingga akan muncul jendela baru.



3. Klik tombol "Browse" untuk memilih file yang akan di overlay di GE.


4. Klik tombol Open sehingga file yang dipilih tersebut tampil di GE, seperti gambar berikut.


5. Agar posisi file tersebut pas dengan koordinat bumi, maka gunakan bantuan pada tab "location". Masukkan data koordinat file tersebut, yang dibutuhkan adalah koordinat North-East (kanan-atas) dan koordinat South-West (kiri-bawah).


6. Hasil yang didapatkan adalah seperti di bawah ini.


7. Dengan mengaktifkan "Terain" pada kolom Layers GE maka Anda dapat menampilkan peta overlay tersebut dalam bentuk 3 dimensi.



0 comments:

Post a Comment