sideCategory1

Jan 22, 2012

Suara Rakyat Kerinci [1]: Creator/Admin, Member, dan Postingan

uhangkayo - Sebenarnya saya ingin posting langsung di wall Suara Rakyat Kerinci tadi malam (02/01/2011), tapi setelah dilihat lagi ternyata ulasan sistem kebut semalam ini cukup panjang jadi saya tulis di situs pribadi saya yang didekasikan untuk mempromosikan potensi daerah Kerinci sebagai tujuan ekowisata. Tulisan ini terbuka untuk diskusi dan menghindari debat kusir.

Pertama, saya tidak tahu tujuan dibentuknya forum Suara Rakyat Kerinci ini, atau siapa yang membentuk forum ini. Apakah dibentuk kelompok kepentingan tertentu yang mengatasnamakan Rakyat Kerinci? Apakah untuk menjadi oposisi yang ingin menjaga agar arah pembangunan Kerinci tetap lurus? atau untuk menggalang suara bagi pilkada berikutnya? atau hanya untuk mencemooh (para) petinggi Kerinci? atau memang murni dari suara rakyat yang ingin ikut terlibat dalam pembangunan Kerinci yang lebih baik?

Jargon yang diusung oleh forum ini adalah "ASFIRASI RAKYAT KERINCI UNTUK KEMAJUAN KERINCI". Walaupun agak aneh bagi saya pribadi karena isi posting lebih banyak berisi hujatan, dan tidak munculnya ide-ide kreatif untuk kebaikan dan kemajuan Kerinci kelak, dan melupakan hari jadi Kerinci. Walaupun terkesan sepele, sebagai orang Kerinci yang Pro Kerinci, saya merasa terpanggil untuk mengucapkan (pada forum ini) dan mendoakan keselamatan bagi (masyarakat) Kerinci pada hari jadi Kerinci, 10 November lalu, dan di forum ini hanya saya sendiri yang menyampaikan ucapan Selamat Hari Jadi bagi Kerinci. Tapi apapun itu (yang masih dalam batas ketidaktahuan), sebagai Muslim kita dianjurkan berprasangka dan berpikir positif, jadi saya mencoba menjadi Muslim yang baik dengan cukup mempercayai jargon tersebut.

Melihat bahwa postingan di forum ini memiliki bahasan yang cukup berat, alangkah baiknya creator atau admin bisa memberikan deskripsi yang jelas tentang forum ini, sehingga tidak terlihat seperti sebuah organisasi atau gerakan underground, saya pikir ini lebih baik.

Sejak diikutsertakan dalam Group FB Suara Rakyat Kerinci, forum ini tercatat sebagai forum yang paling aktif berkicau diantara forum-forum lain yang saya ikuti. Melihat pada posting-posting terdahulu, forum ini lebih didominasi oleh "kekecewaan" member forum yang berujung pada hujatan bagi Pemimpin Kerinci saat ini.

Terlepas dari karakter sesungguhnya pemimpin Kerinci, posting-posting di forum ini memberikan beberapa kesan bagi yang membaca, seperti:
  • "Sungguh jahat Pemimpin Kerinci karena mendapatkan teguran yang vulgar (hujatan) dari rakyatnya." Atau,
  • "Sungguh berkuasanya Pemimpin Kerinci sehingga lembaga-lembaga lain tidak mampu meluruskan kembali arah pembangunan Kerinci, atau barangkali anggota dewan telah menjadi bagian dari 'kejahatan' beliau." Atau,
  • "Rakyat Kerinci butuh seseorang untuk disalahkan, dan sasarannya adalah Pemimpin mereka sendiri."
  • "Sungguh menyedihkan yang menjadi dan/atau akan menjadi pemimpin Kerinci kelak, jika rakyat Kerinci sendiri gemar menghujat pemimpinnya." Atau,
  • "Postingan di forum ini, hanya suara dengki dari para pesaing Beliau."
  • Dan lain sebagainya, jadi biarlah para pembaca budiman yang menafsirkan sendiri setelah membaca postingan-postingan pada forum ini.

Saya teringat sepenggal kalimat yang terdapat di cover halaman belakang sebuah buku karangan salah satu dosen di tempat saya kuliah, kalimat dari Lao Tsu seorang ahli fisafat dari Cina yang berbunyi:
“There are leaders the people fear, there are leaders the people hate, there are leaders the people love. But when the best leaders of all have finished their work, the people say: we did it ourselves.”
Kira-kira terjemahan dalam Bahasa Indonesia, seperti ini:
“Ada pemimpin yang ditakuti oleh rakyatnya, ada pemimpin yang dibenci rakyatnya, ada juga pemimpin yang dicintai oleh rakyatnya. Tapi saat pemimpin terbaik telah menyelesaikan tugasnya, rakyatnya akan berkata: kami melakukannya sendiri.”
Apakah ada kecenderungan kalimat Lao Tzu di atas (mulai atau telah) berlaku di Kerinci? Apabila Kerinci telah menemukan pemimpin terbaik dan berhasil membawa Kerinci menjadi lebih baik, apakah rakyatnya akan menutup mata dan berkata: "Kerinci maju itu karena kami melakukannya sendiri, tidak ada hubungan dengan pemimpin Kerinci". Saya yakin (postingan-postingan) di forum ini bukan merupakan standar untuk menilai masyarakat Kerinci sepenuhnya.

Bagaimanapun kekuasaan tertinggi di Indonesia berada ditangan rakyat, tapi sebagai catatan Demokrasi di Indonesia dikenal dengan Demokrasi yang kebablasan, tidak ada etika dalam mengeluarkan pendapat. Dengan postingan di forum ini yang didominasi hujatan kepada pemimpinnya, apakah itu berarti rakyat Kerinci ikut serta dalam mewujudkan ketidaketikaan dalam menyampaikan aspirasi? Apakah ada kecenderungan masyarakat Kerinci mulai (mohon maaf) menjadi suku yang tidak beradab dan gemar menyalahkan?

Ada sebuah guyonan, yang saya pikir logis:
“Untuk menjadi pahlawan, dibutuhkan penjahat. Untuk menjadi benar, dibutuhkan yang salah. Tapi untuk terlihat benar, dibutuhkan pembenaran (red: seseorang untuk disalahkan).”
Dalam menjalankan pemerintahan, Indonesia memiliki lembaga LEGISLATIF, YUDIKATIF, dan EKSEKUTIF. Jika satu tidak berjalan dengan lurus, maka DUA YANG LAIN akan (memaksa) meluruskan YANG SATU. Apa ini tidak berlaku di tingkat Kabupaten ?Barangkali ada member lain dari Ilmu Pemerintahan atau sejenis yang lebih berkompeten untuk menjelaskan. Kondisi badan Legislatif maupun Yudikatif di tingkat Nasional telah menjadi sarang penyamun, setidaknya berita itu yang sering nongol di berbagai stasiun TV Nasional. Lalu bagaimana dengan kondisi lembaga-lembaga ini di Kabupaten Kerinci?

JIKA Pemimpin Kerinci adalah orang yang jahat dan tidak menjalankan tugas beliau dengan semestinya, dan masih berlangsung hingga saat ini. Ini menunjukkan betapa berkuasanya Pemimpin Kerinci, sehingga DUA YANG LAIN tidak ada yang berani/berhasil meluruskan Beliau, atau DUA YANG LAIN juga berjalan pada jalan yang sama.

Kalau Pemimpin Kerinci saat ini turun, dan digantikan oleh Pemimpin yang lain, dengan melihat kondisi Kerinci yang ada, mulai potensi alam yang ada hingga SDM-nya (rakyatnya atau sebagian rakyatnya yang sering berkicau di forum ini, ulama Kerinci, cendekiawan Kerinci, budayawan Kerinci, pengusaha Kerinci, hingga petinggi Kerinci termasuk wakil rakyat Kerinci terhormat di DPRD Tingkat II). Tidak ada jaminan pembangunan Kerinci akan maju (infrastruktur, ekonomi, pendidikan, moral, dan lain sebagainya)?

Sebagai orang Kerinci (atau yang lahir/hidup di Kerinci?), tentu tidak ingin melihat Kerinci terpuruk, tentu tidak ingin menggantikan istilah "Kerinci, Sekepal Tanah Surga yang Terhempas ke Bumi" menjadi "Kerinci, Sekepal Tanah Surga yang Terhempas ke Bumi kemudian berubah Menjadi Neraka Bumi karena ketidakbecusan masyarakat Kerinci sendiri".

Sesuai dengan slogan forum ini, "ASFIRASI RAKYAT KERINCI UNTUK KEMAJUAN KERINCI". Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Edisi Ketiga Tahun 2001, ASPIRASI (dengan P bukan F) adalah: 1) harapan dan tujuan untuk keberhasilan pada masa yang akan datang, atau 2) ilham yang timbul dalam mencipta.

Lantas, bagaimana KERINCI BISA MENJADI LEBIH BAIK di MASA YANG AKAN DATANG?
"Masa depan Kerinci terletak pada seluruh lapisan/komponen masyarakat Kerinci itu sendiri. Satu atau dua orang tidak akan mampu membawa Kerinci menjadi lebih baik, begitupun sebaliknya, Kerinci tidak akan pernah hancur hanya oleh segelintir orang."
"Tentunya untuk mewujudkan Kerinci yang maju, semua lapisan masyarakat haruslah menjadi orang yang ALIM (red: ber-ILMU), menjadi orang yang PINTAR, dan bukan orang yang PINTAR-PINTAR."
Mengutip dari AA Gym, kebaikan itu bisa dimulai dari diri kita sendiri, karena jika bukan kita sendiri yang mulai melakukannya lantas siapa yang bisa diharapkan (membangun Kerinci)?

Barangkali para Admin, bisa menetapkan aturan main di forum ini, karena cemoohan, caci-maki, hujatan, sumpah serapah, dengan mudah ditemukan di forum ini. Dan barangkali member lain di forum ini bisa menyampaikan pendapat dengan baik dan benar, baik menurut adab dan benar menurut ilmu. JIKA memang orang yang dikritik adalah (biang) penjahat, tunjukkan kalau kita yang mengkritik adalah orang yang pantas untuk mengkritik.
"Kebaikan bukan hanya pada niat tapi juga dilakukan dengan cara yang baik. Jika didominasi dengan hujatan, maka forum Suara Rakyat Kerinci ini tidak lebih dari sebuah sarana pembodohan bagi masyarakat Kerinci yang lainnya."
Mari bersama wujudkan Kerinci yang lebih baik kedepannya, Kerinci yang bukan hanya maju secara fisik tapi juga maju secara moral. Dan barangkali kita juga bisa menjadikan forum ini sebagai SARANA UNTUK MENDIDIK masyarakat Kerinci lainnya, semoga.

Lebih jauh AA GYM juga berkata "MULAILAH KEBAIKAN DARI SEKARANG”.

Wallahualam.


___

Dikutip dari uhangkayo.webs.com

>>  Baca juga Suara Rakyat Kerinci bagian 2, klik disini.

1 comments:

Salam Uhang Kayo...blogwalking,,,salam blogger

Post a Comment